Jakarta

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tengah menggodok skema paling ideal untuk proses pemindahan para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Dijadwalkan proses pemindahan ASN akan dimulai pada bulan September 2024.

Hal ini disampaikan oleh MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas. Anas mengatakan, ada sedikit perubahan jadwal terkait dengan pemindahan ASN itu sendiri. Hal ini dikarenakan tempat tinggal para ASN akan dipergunakan lebih dulu untuk tempat tinggal para petugas upacara.

“Pemindahan tadinya bulan Juli akan pindah ke IKN, maka sebagian menteri Juli ada yang pindah termasuk Pak Basuki. Untuk ASN karena Agustus nanti akan ada upacara di IKN dan itu support system-nya sangat besar, ada ribuan orang juga yang bukan hanya datang tapi bermalam. Maka kami mendapatkan arahan dari istana bahwa pemindahan bertahap, tetapi ASN akan mulai pindah setelah Agustus,” kata Anas, dalam Konferenso Pers Skema Pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusta, Rabu (17/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anas mengatakan, dalam rangka mendukung pelaksanaan upacara itulah maka hunian-hunian ASN akan dipergunakan terlebih dulu oleh para petugas dan stakeholder pendukung terkait. Oleh karena itu, belum ada tempat untuk menampung kepindahan ASN di bulan Agustus.

“Itu memerlukan apartemen, penginapan yang cukup banyak sehingga pemindahan tahap pertama ini setelah Agustus. Insyaallah September, September pemindahan (ASN), tapi Juli para menteri sebagian ada yang mulai pindah ke IKN,” ujarnya.

Namun demikian, Anas menekankan bahwa meski sebelumnya disebutkan proses pemindahan akan dimulai pada bulan Juli, hal bukan berarti progresnya mundur lantaran ASN pindah September.

“Yang Juli nanti itu sebagian ada menteri-menteri yang pindah. Sementara ASN, sebenarnya bukan maju mundur ya karena kan ada yang tulis maju-mundur pemindahan IKN. Sebenarnya tadinya memang Juli siap, cuman kan Agustus akan dipakai Upacara HUT RI,” tutur dia, ditemui usai acara.

“Jadi ini on track sebenarnya, nggak ada yang mundur. Ini sebenarnya on track tapi kami siapkan skenario berdasarkan perkembangan pembangunan fisik hunian ASN,” sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sempat menyampaikan pernyataan serupa. Basuki menyebut, proses kepindahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mulai dilakukan usai gelaran Upacara HUT RI ke-79 di sana.

“Agustus untuk rencana 17 Agustusan, baru setelah itu ASN pindah. Karena hunian-hunian yang ada dan kantor di sana dipakai dulu untuk petugas-petugas upacara 17-an,” kata Basuki, ditemui usai Halalbihalal di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2024).

Demi memastikan segala persiapan lancar menjelang pelaksanaan upacara, Basuki berencana akan pergi ke IKN pada pekan depan. Targetnya, salah satu proyek krusial yaitu infrastruktur air minum bisa rampung Juni dan beroperasi Juli.

Secara keseluruhan, tower hunian ASN dan Hankam akan berjumlah 47 tower. Ditargetkan hingga Juli 2024, 12 tower di antaranya rampung. Basuki mengatakan, dari total tersebut, sudah ada 9 tower yang topping off atau tutup atap sebelum Lebaran. Sedangkan untuk progres rata-ratanya saat ini telah mencapai 35%.

(shc/das)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *