Jakarta

Malaysia merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga Indonesia. Selain jarak tempuhnya yang tidak terlalu jauh, nilai tukar uang dari ringgit ke rupiah juga terjangkau.

Jika kamu akan berangkat ke Malaysia dalam waktu dekat, diharuskan untuk menukar uang rupiah ke ringgit. Meski saat ini sudah bisa bertransaksi menggunakan kartu kredit atau debit, namun sebaiknya sediakan sejumlah uang tunai ringgit untuk berjaga-jaga selama di Malaysia.

Sebelum menukarkan uang, sebaiknya ketahui dulu nilai tukar ringgit ke rupiah. Lantas, 1 ringgit berapa rupiah? Lalu bagaimana cara mengecek nilai tukar mata uang asing? Simak dalam artikel ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1 Ringgit Berapa Rupiah?

Sebagai informasi, nilai tukar ringgit (MYR) ke rupiah (IDR) dapat berubah-ubah suatu waktu. Jadi, tidak bisa dipastikan secara pasti nilai tukar uangnya.

Dalam laman Kalkulator Kurs milik Bank Indonesia, untuk kurs jual 1 ringgit adalah Rp 3.362. Sementara itu, untuk kurs beli 1 ringgit adalah Rp 3.352. Sebagai informasi, nilai tukar tersebut tercatat pada Selasa (16/04/2024).

Perbedaan Kurs Jual dan Kurs Beli

Mungkin sebagian detikers ada yang belum tahu apa perbedaannya antara kurs jual dan kurs beli. Mengutip laman HSBC, kurs jual adalah kurs yang dipakai untuk menukarkan rupiah dengan mata uang asing.

Sedangkan kurs beli merupakan kebalikannya, yaitu digunakan saat seseorang hendak menukarkan mata uang asing dengan rupiah. Jadi, jangan salah dalam membedakannya, ya.

Cara Cek Kurs Mata Uang Asing ke Rupiah

Ada banyak cara untuk mengecek nilai tukar ringgit atau mata uang asing lainnya ke rupiah. Agar tidak bingung, berikut langkah-langkahnya yang telah dirangkum oleh detikFinance:

1. Lewat Kalkulator Kurs BI

Cara yang pertama adalah lewat laman kalkulator kurs milik Bank Indonesia (BI). Simak cara-caranya di bawah ini:

  • Buka situs www.bi.go.id/id/statistik/informasi-kurs/transaksi-bi/kalkulator-kurs.aspx di browser
  • Pilih kolom ‘Mata Uang Asing ke Rupiah’
  • Lalu klik kolom ‘Tipe Transaksi’ dan klik ‘Kurs Transaksi – Beli’
  • Masukkan mata uang asing yang ingin dicek nilai kursnya di kolom ‘Nominal’. Jika tidak tahu kode singkatan mata uang, silahkan klik ‘Kode Singkatan’ di bagian bawah
  • Jika sudah, masukkan nominal uang sesuai kebutuhanmu
  • Untuk kolom ‘Periode’ silahkan pilih ‘Hari Ini’
  • Jika sudah klik ‘hitung’
  • Secara otomatis akan muncul nilai tukar uang mata asing ke rupiah di bagian bawah.

2. Melalui Situs XE.com

Cara lainnya adalah dengan mengunjungi situs xe.com. Keunggulan dari situs ini adalah menghadirkan mata uang asing lebih banyak, seperti India Rupee (INR), Rusia Rubel (RUB), hingga Emirati Dirham (AED).

Ingin mengetahui nilai tukar mata uang asing? Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka situs www.xe.com di browser
  • Masukkan mata uang asing yang ingin dicek nilai kursnya di kolom ‘From’. Sementar itu untuk kolom ‘To’ nya diisi dengan rupiah (IDR).
  • Jika sudah, masukkan nominal uang sesuai kebutuhanmu di kolom ‘Amount’
  • Setelah itu klik ‘Convert’
  • Secara otomatis akan muncul nilai tukar uang mata asing ke rupiah di bagian bawah.

Demikian penjelasan mengenai 1 ringgit berapa rupiah serta cara mengecek nilai tukar mata uang asing secara online. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Simak Video “Daya Beli Wisatawan di Jepang Naik Gegara Yen Melemah
[Gambas:Video 20detik]

(ilf/fds)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *