Jakarta

PT Pertamina (Persero) meningkatkan stok BBM dan LPG untuk mengamankan periode mudik Lebaran. Untuk LPG, Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga meningkatkan stoknya sekitar 10-15% dibanding periode reguler.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan, stok LPG untuk periode Lebaran tahun ini sekitar 15 hari.

“Untuk LPG seperti tadi kami sampaikan bahwa kami melakukan peningkatan stok di level 5-10% dibanding periode reguler dengan coverage selama 15,10 hari atau 15 hari untuk LPG,” kata dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi VI, Jakarta, Kamis (28/3/2025).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari materi yang ia sajikan, adapun stok LPG yakni 15,31 hari dan kerosene 43,09 hari. Sementara, untuk Pertalite 24,89 hari, Pertamax 42,43 hari, Pertamax Turbo 60,71 hari.

“Untuk gasoline ada di angka 23 hingga 61 hari,” imbuhnya.

Berikutnya, stok solar 17,37 hari, Dexlite 1,28 hari dan Dex 69,40 hari. Untuk avtur stok yang disiapkan mencapai 34,34 hari.

Masih dari materi tersebut, rata-rata ketahanan stok gasoil yakni 22 hari, gasoline 30 hari, dan avtur 38 hari.

Riva melanjutkan, pihaknya terus memonitor stok tersebut. Dia mengatakan, pihaknya juga menyiapkan SPBU kantor untuk mengantisipasi kenaikan aktivitas.

“Kami juga menyampaikan di masing-masing lokasi yang memang membutuhkan aksi cepat, ada yang kami sebut dengan SPBU kantong. Jadi ini sebenarnya perpanjangan dari stok yang ada di depot dan kami standby kan di mobil tangki. Sehingga pada saat terjadi peningkatan akan langsung cepat dilakukan pengisian atau suplai dengan menggunakan SPBU kantong tersebut,” paparnya.

(acd/das)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *