Jakarta

PT KAI Daerah Operasi I Jakarta mengatakan ada sekitar 824.085 penumpang kereta jarak jauh yang berangkat dari Jakarta untuk mudik lebaran. Data tersebut merupakan akumulasi penumpang pada masa angkutan Lebaran dari tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024.

Ratusan ribu penumpang ini berangkat dari stasiun yang ada di areal Daerah Operasi I Jakarta mulai dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Jumlah tersebut meningkat hingga 10% jika dibandingkan realisasi volume penumpang lebaran pada tahun 2023.

Peningkatan volume penumpang sendiri mulai terjadi sejak 3 April 2024 dengan rata-rata volume penumpang berangkat sekitar 43 ribu hingga 48 ribu per hari.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dari jumlah 824 ribu penumpang berangkat selama 22 hari tersebut ada 520 ribu penumpang berangkat menggunakan KA dengan keberangkatan awal dari stasiun Pasar Senen dan 304 ribu lainnya penumpang berangkat menggunakan KAJJ keberangkatan awal dari Stasiun Gambir,” papar Kahumas KAI Daop 1 Jakarta
Ixfan Hendriwintoko, dalam keterangannya, Minggu (21/4/2024).

Pada masa Angkutan Lebaran mayoritas pemesanan tiket KA Jarak Jauh dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 3 hingga 11 April 2024. Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai hingga 100% dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 6 hingga 9 April.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Surabaya, Malang, Yogyakarta, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

Secara keseluruhan situasi arus mudik dan arus balik dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat dan tepat waktu.

(hal/kil)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *