Jakarta

Salah satu taipan asal Korea Selatan bertahan dalam daftar orang terkaya di negara tersebut. Dia adalah Lee Dong-Chae pemilik produsen katoda baterai mobil listrik terbesar di Korea Selatan, EcoPro BM.

Dikutip dari Forbes, Jumat (19/4/2024), pada bulan Mei 2023 lalu, Lee Dong-chae, pendiri EcoPro, dijatuhi hukuman dua tahun penjara dan denda 2,2 miliar won (US$1,7 juta) karena kasus perdagangan orang dalam.

Namun hal tersebut tidak menghentikan saham perusahaannya yang terdaftar di Kosdaq berkinerja terbaik di dunia pada 2023. Sebagian besar berkat anak perusahaannya EcoPro BM.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketika para investor mencari keuntungan dari booming kendaraan listrik, saham EcoPro meroket lebih dari 1.000% dalam delapan bulan terakhir. Meroketnya saham perusahaan akhirnya mempertahankan nama Lee Dong-chae, dalam daftar orang terkaya di Korea Selatan.

Berdasarkan data Forbes, kekayaan Lee Dong-chae saat ini mencapai US$ 1,7 miliar atau setara Rp 27 triliun (kurs Rp 16.170). Dalam data Real Time Forbes, Lee Dong-chae tercatat orang terkaya ke 16 di Korea Selatan pada 2024 naik 2 peringkat dari sebelumnya.

Saham Ecopro sempat mengalami penurunan sementara setelah penangkapannya. Tetapi penurunan itu tidak seberapa karen hingga akhir tahun 2023 telah mengalami kenaikan hampir enam kali lipat. Saham anak perusahaan material baterai EcoPro, EcoPro Materials, naik 110% sejak pencatatannya.

Lee sendri sebenarnya telah mengundurkan diri dari kursi pimpinan Ecopro pada tahun 2022. Dalam kasus yang menimpanya, dia pun mengajukan banding atas keputusan pengadilan.

(ada/rrd)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *