Jakarta –
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membuka lowongan kerja bagi lulusan sarjana (S1). Lowongan kerja ini diperuntukan untuk memenuhi sejumlah posisi di Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tenggara.
Lowongan kerja ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan kegiatan infrastruktur berbasis Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (IBM PISEW) Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun Anggaran 2024.
“Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tenggara melalui Panitia Perekrutan Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) BPPW Sulawesi Tenggara Tahun Anggaran 2024 menyelenggarakan rekrutmen,” tulis Kementerian dalam surat pengumuman Nomor: UM.0201-Cb30/196, dikutip Jumat (19/4/2024).
Sejumlah posisi yang dibuka adalah Tenaga Ahli Provinsi (TAPr), Asisten TAPr Teknis, Asisten TAPr Administrasi, Fasilitator Masyarakat (FM). Nah bagi kamu yang berminat untuk mendaftar, berikut rincian syarat dan cara daftar lowongan kerja di Kementerian PUPR.
Kriteria Pelamar Lowongan Kerja Kementerian PUPR
1. Tenaga Ahli Provinsi (TAPr)
Jumlah yang diperlukan: 1 orang
Kualifikasi:
– Tenaga ahli bidang teknik dengan latar belakang pendidikan (S-1) Teknik Sipil/Arsitek memiliki pengalaman bekerja minimal 3 (tiga) tahun dan wajib memiliki SKA/SKK
– Diutamakan yang telah memiliki pengalaman dalam pendampingan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur skala kawasan berbasis masyarakat atau program pemberdayaan masyarakat lainnya minimal selama 2 (dua) Tahun
– Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik
– Diutamakan yang bisa mengendarai kendaraan bermotor untuk memudahkan mobilisasi di lapangan
2. Asisten TAPr Teknis
Jumlah yang dibutuhkan: 2 orang
Kualifikasi:
– Tenaga ahli bidang teknik dengan latar belakang pendidikan (S-1) Teknik Sipil/Arsitek memiliki pengalaman bekerja minimal 2 (dua) tahun dan wajib memiliki SKA/SKK
– Diutamakan yang telah memiliki pengalaman dalam pendampingan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur skala kawasan berbasis masyarakat atau program pemberdayaan masyarakat lainnya minimal selama 2 (dua) tahun
– Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik
– Diutamakan yang bisa mengendarai kendaraan bermotor untuk memudahkan mobilisasi di lapangan
3. Asisten TAPr Administrasi
Jumlah yang dibutuhkan: 1 orang
Kualifikasi:
– Tenaga ahli teknik dengan latar belakang pendidikan S-1 Manajemen/ Akuntansi/ Studi Pembangunan/lainnya memiliki pengalaman bekerja minimal 2 (dua) tahun
– Diutamakan yang telah memiliki pengalaman dalam pendampingan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur skala kawasan berbasis masyarakat atau program pemberdayaan masyarakat lainnya minimal selama 1 (satu) Tahun
– Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik
– Diutamakan yang bisa mengendarai kendaraan bermotor untuk memudahkan mobilisasi di lapangan
4. Fasilitator Masyarakat (FM)
Jumlah yang dibutuhkan: 15 orang
Kualifikasi:
– Tenaga ahli teknik dengan latar belakang pendidikan (S-1) Teknik Sipil/Arsitek memiliki pengalaman minimal 1 (satu) tahun;
– Diutamakan yang telah memiliki pengalaman pendampingan masyarakat dalam pendampingan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur skala kawasan berbasis masyarakat
– Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik
– Diutamakan yang bisa mengendarai kendaraan bermotor untuk memudahkan mobilisasi di lapangan.
Syarat Administrasi/Dokumen Lowongan Kerja Kementerian PUPR
1. Pas foto ukuran 3×4 dengan latar belakang warna merah (format file png/jpg maksimum 2 MB).
2. Surat Lamaran.
3. Scan KTP, NPWP (dalam 1 file pdf maksimum 2 MB).
4. Scan Ijazah dan Transkrip Nilai (dalam 1 file pdf maksimum 2 MB).
5. Scan Referensi/Surat Keterangan Pengalaman Kerja, Sertifikat Keahlian (SKA)/Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) (dalam 1 file pdf maksimum 2 MB).
6. Surat Pernyataan, Daftar Riwayat Hidup, Pakta Integritas (dalam satu file pdf maksimum 2 MB).
Cara Daftar Lowongan Kerja Kementerian PUPR
Proses pengajuan lamaran melalui website:https://ibmpkp.pu.go.id/rekrutmendengan langkah sebagai berikut:
1. Peserta melakukan registrasi secara online dan mengisi biodata.
2. Mengunggah kelengkapan berkas yang dipersyaratkan.
3. Proses registrasi dan pengunggahan berkas paling lambat sampai dengan tanggal 20 April 2024 pukul 23.59 WITA.
4. Pengajuan lamaran yang tidak melalui website:https://ibmpkp.pu.go.id/rekrutmentidak akan diterima.
5. Seluruh dokumen, informasi, dan data yang disampaikan harus berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila dokumen, informasi, dan data yang diisikan tidak benar, maka pelamar dinyatakan gugur.
6. Seluruh dokumen kelengkapan yang disampaikan harus terlihat secara jelas, dapat dibaca secara keseluruhan fisik, dan dapat dibuka (bukan korup/rusak). Apabila dokumen kelengkapan yang disampaikan tidak terlihat secara jelas dan tidak dapat dibaca dan/atau file yang disampaikan tidak dapat dibuka/korup/rusak, maka pelamar dinyatakan gugur.
Demikian informasi seputar lowongan kerja di Kementerian PUPR. Buat kamu yang ingin daftar, semoga berhasil ya!
(fdl/fdl)