Jakarta

Bagi pengguna transportasi umum seperti bus kota, kereta rel listrik, atau menggunakan jalur tol tentu sudah tak asing lagi dengan penggunaan kartu uang elektronik atau e-money. Namun tahu kah detikers ada berapa jumlah kartu uang elektronik yang beredar di Indonesia sekarang ini?

Dikutip dari situs resmi Bank Indonesia (BI), uang elektronik adalah alat pembayaran nontunai yang nilai uangnya berdasarkan jumlah uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit kartu e-money.

Nilai uang tersebut disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip. Uang yang disimpan dalam kartu e-money bukan merupakan simpanan seperti tabungan di bank, melainkan hanya untuk alat pembayaran.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis bank yang mengeluarkan kartu uang elektronik yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran non tunai seperti BCA Flazz, Mandiri e-money, BNI TapCash, BRI Brizzi, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan data dari Statistik Sistem Pembayaran dan Infrastruktur Pasar Keuangan Indonesia (SPIP) BI, per Januari 2024 kemarin jumlah kartu uang elektronik atau e-money yang beredar di Indonesia sudah mencapai 104,62 juta unit.

Jumlah ini tercatat mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Desember 2023, di mana jumlah e-money yang beredar ada sebanyak 100,90 juta unit kartu. Sedangkan per November 2023 berada di angka 99,68 juta unit kartu.

Sedangkan bila dilihat secara tahunan, per 2023 kemarin jumlah kartu uang elektronik yang beredar di RI ada 100,90 juta unit. Sedangkan jumlah e-money yang beredar pada 2022 ada sebanyak 90,18 juta unit kartu, kemudian pada 2021 sebanyak 79,58 juta unit kartu.

Sementara itu, pada 2020 lalu jumlah e-money yang beredar di Indonesia ada di angka 68,40 juta unit kartu. Lebih jauh lagi ke belakang, jumlah kartu uang elektronik di RI masih berada di angka 60,34 juta unit.

Berdasarkan data tersebut, terlihat penggunaan kartu uang elektronik atau e-money di Indonesia terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Terutama sejak 2020 ke atas yang jumlah kenaikannya lebih dari 10 juta unit kartu.

(fdl/fdl)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *