Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Istana Negara, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta agar China mempercepat studi kelayakan untuk perpanjangan trase Kereta Cepat ke Surabaya, Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan langsung Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers usai pertemuan. Retno mengatakan Jokowi juga meminta China untuk melakukan alih teknologi pada operasi kereta cepat.

“Presiden sampaikan soal Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan mendorong adanya alih teknologi dan perlunya percepatan penyelesaian studi kelayakan untuk perpanjangan trase ke Surabaya,” ungkap Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Retno melanjutkan Jokowi juga meminta China untuk melakukan kerja sama pembangunan di Ibu Kota Nusantara, khususnya di sektor transportasi pada ibu kota baru Indonesia tersebut.

“Pak Presiden mendorong kerja sama pembangunan IKN termasuk untuk moda transportasi selain itu,” beber Retno.

Sebelumnya, pemerintah memang sedang berencana memperpanjang rute kereta cepat sampai ke Surabaya. Pada tahap pertama proyek ini dibangun sampai ke Yogyakarta.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan kajian proyek itu sedang dilakukan, melibatkan Indonesia dan China. Bunga pinjaman dari proyek ini juga sedang dibahas.

Menurutnya, belajar dari proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Luhut yakin proyek kereta cepat sampai Surabaya akan lebih murah. Pada proyek sebelumnya ia menyebut ada masalah terkait dengan tanah.

“Sekarang bicara soal bunganya. Kita berangkat dari pengalaman Jakarta-Bandung, pasti kita bikin lebih murah. Karena dulu masalah tanah, sekarang kita sudah tahu nih kiat-kiatnya, terowongan, yang seminimum mungkin bikin, terowongan misalnya,” katanya di Kantor Kemenko Marves, Jakarta Pusat Jumat (26/1/2024) yang lalu.

(hal/das)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *