Jakarta

Ketegangan di Timur Tengah meningkat. Hal ini buntut dari langkah Iran yang berani meluncurkan serangan udara ke Israel awal pekan ini. Keberanian Iran ini tak lepas dari kondisi ekonominya yang juga mumpuni.

Dikutip dari laporan World Bank yang diperbaharui pada 20 Oktober 2022, perekonomian Iran ditopang oleh sektor hidrokarbon, pertanian, jasa, serta kehadiran negara di bidang manufaktur dan jasa keuangan. Iran menempati peringkat kedua di dunia dalam hal cadangan gas alam dan keempat dalam hal cadangan minyak mentah.

Dalam daftar Forbes, Iran menempati peringkat 107 sebagai negara terbaik untuk bisnis pada 2018. Iran juga tercatat memiliki banyak pengusaha sukses dengan harta triliunan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip dari Forbes, Kamis (18/4/2024), orang terkaya di Iran saat ini adalah Farhad Moshiri dengan jumlah kekayaan US$ 2,7 miliar atau sekitar 43,6 triliun (kurs Rp 16.1690). Ia juga menempati posisi ke-1238 sebagai orang terkaya di dunia. Farhad Moshiri sendiri lahir di Iran, tetapi kini berkewarganegaraan Inggris.

Kemudian ada Omid Kordestani juga menempati posisi orang terkaya di Iran. Ia pernah menjabat sebagai ketua eksekutif X (sebelumnya Twitter) dari tahun 2015 sampai 2020.

Selain itu, Omid juga pernah menjadi penasihat khusus untuk CEO di Google dan direktur Vodafone. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$ 2 juta atau sekitar Rp 32,3 triliun.

Lalu posisi berikutnya ditempati oleh Hassan Khosrowshahi. Ia merupakan pendiri Future Shop, toko ritel komputer dan elektronik terbesar di sana. Mengutip dari Discover Walks, Hassan memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 1,2 miliar atau sekitar Rp 19,4 triliun.

Lebih lanjut, ada Isaac Larian dengan kekayaan US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 17,7 triliun. Larian merupakan miliarder Amerika Serikat yang lahir di Iran. Ia mendirikan MGA Entertainment Inc. pada tahun 1979 yang memproduksi mainan seperti Little Tikes, boneka Bratz, dan boneka Lalaloopsy.

(fdl/fdl)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *