Jakarta

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai Jepang salah satu mitra terbaik dalam pembangunan sarana dan prasarana transportasi massal. Hal itu disampaikan Budi Karya di sela acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT MRT Jakarta dengan Sojitz Corporation di Stasiun MRT Bundaran HI, Rabu (17/4/2024).

“Hari ini kami baru saja ada seremoni penandatanganan kontrak paket CP205 MRT Jakarta. Jadi, sekalipun ada COVID-19 kita tetap bekerja, sekalipun ada hal-hal yang di luar secara makro ada satu masalah, Jepang tetap konsisten memberikan dukungan kepada Indonesia. Oleh karenanya, kami sangat mengapresiasi apa yang diberikan Jepang pada Indonesia khususnya pada Jakarta,” terang Budi dikutip dari Antara Rabu (16/4/2024).

Selain itu, menurut Budi Karya, Jepang juga bersahabat dengan Indonesia untuk melakukan transfer pengetahuan transportasi umum.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita melihat apa yang dilakukan pada CP205 MRT Jakarta akan melengkapi suatu proses dari bundaran HI sampai (Jakarta) kota, tentu membuat suatujoinningatau kerja sama yang diharapkan ada suatu transfer knowledge,” kata Budi Karya.

Budi menjelaskan proyek CP205 MRT Jakarta akan mendukung transportasi umum di Jakarta sehingga bisa mengurai kemacetan dan menekan polusi udara. Dengan demikian akan mendukung aktivitas masyarakat di Jakarta.

“Panjang, presentasi dan sebagainya, berapa pun itu yang membanggakan adalah konsisten, konsistensi ini yang tidak mudah dilakukan oleh siapa pun, kerja sama kita dengan negara negara yang lain. Jepang adalah suatu negara yang menunjukkan sangat konsisten, sangat detail, dan sangat presisi,” tutur Menhub.

Budi menambahkan Indonesia dan Jepang melakukan satu gerakan yang konsisten, berkesinambungan dan membanggakan menunjukkan bahwa hubungan baik antara kedua negara tersebut.

“Kita sudah memiliki hubungan yang baik dan hari ke hari, hubungan pembahasan itu berlangsung dengan bersahabat. Tandanya memang apa yang dicanangkan oleh bapak presiden berapa tahun yang lalu berkaitan dengan MRT adalah benar bahwa Jakarta adalah salah satu contoh dari pada transformasi perkotaan,” jelas Budi.

(hns/hns)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *