Jakarta

Bagi detikers yang akan melaksanakan ibadah umroh atau naik haji di tahun ini, sebaiknya persiapkan diri sejak sekarang. Selain itu, jangan lupa untuk menukarkan uang rupiah ke riyal.

Sebab, transaksi jual-beli selama di Arab Saudi wajib menggunakan mata uang riyal. Memang, saat ini sudah banyak toko yang menyediakan metode pembayaran kartu kredit atau debit, namun menyediakan uang tunai (cash) riyal juga perlu sebagai bentuk jaga-jaga.

Jadi, sebelum berangkat sebaiknya tukarkan dulu sejumlah uang rupiah ke riyal. Lantas, 1 riyal berapa rupiah? Lalu bagaimana cara mengecek kurs mata uang? Simak pembahasannya dalam artikel ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1 Riyal Berapa Rupiah?

Sebelum menukarkan uang, sebaiknya ketahui dulu nilai tukar riyal (SAR) ke rupiah (IDR). Tapi, perlu diingat nilai tukar riyal ke rupiah dapat berubah-ubah suatu waktu. Jadi, tidak bisa dipastikan secara pasti nilai tukar uangnya.

Dalam laman Kalkulator Kurs milik Bank Indonesia, untuk kurs jual 1 riyal adalah Rp 4.253. Sementara itu, untuk kurs beli 1 riyal adalah Rp 4.210. Sebagai informasi, nilai tukar tersebut tercatat pada Selasa (16/04/2024).

Cara Cek Kurs Mata Uang Asing ke Rupiah

Ada banyak cara untuk mengecek nilai tukar riyal atau mata uang asing lainnya ke rupiah. Agar tidak bingung, berikut langkah-langkahnya yang telah dirangkum oleh detikFinance:

1. Lewat Kalkulator Kurs BI

Cara yang pertama adalah lewat laman kalkulator kurs milik Bank Indonesia (BI). Simak cara-caranya di bawah ini:

  • Buka situs www.bi.go.id/id/statistik/informasi-kurs/transaksi-bi/kalkulator-kurs.aspx di browser
  • Pilih kolom ‘Mata Uang Asing ke Rupiah’
  • Lalu klik kolom ‘Tipe Transaksi’ dan klik ‘Kurs Transaksi – Beli’
  • Masukkan mata uang asing yang ingin dicek nilai kursnya di kolom ‘Nominal’. Jika tidak tahu kode singkatan mata uang, silahkan klik ‘Kode Singkatan’ di bagian bawah
  • Jika sudah, masukkan nominal uang sesuai kebutuhanmu
  • Untuk kolom ‘Periode’ silahkan pilih ‘Hari Ini’
  • Jika sudah klik ‘hitung’
  • Secara otomatis akan muncul nilai tukar uang mata asing ke rupiah di bagian bawah.

2. Melalui Situs XE.com

Cara lainnya adalah dengan mengunjungi situs xe.com. Keunggulan dari situs ini adalah menghadirkan mata uang asing lebih banyak, seperti India Rupee (INR), Rusia Rubel (RUB), hingga Emirati Dirham (AED).

Ingin mengetahui nilai tukar mata uang asing? Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka situs www.xe.com di browser
  • Masukkan mata uang asing yang ingin dicek nilai kursnya di kolom ‘From’. Sementar itu untuk kolom ‘To’ nya diisi dengan rupiah (IDR).
  • Jika sudah, masukkan nominal uang sesuai kebutuhanmu di kolom ‘Amount’
  • Setelah itu klik ‘Convert’
  • Secara otomatis akan muncul nilai tukar uang mata asing ke rupiah di bagian bawah.

Setelah mengetahui kurs mata uang asing, kini detikers tinggal mendatangi money changer dan menukarkan sejumlah uang. Perlu diketahui, ada tata cara dalam melakukan penukaran uang lewat money changer, yakni sebagai berikut:

  1. Sebelum menukar uang, pastikan kamu telah mengetahui informasi kurs tukar terbaru. Informasi mengenai kurs dapat dilihat di situs website bank, aplikasi seluler, atau bertanya kepada petugas money changer.
  2. Jika sudah tahu, silahkan kunjungi tempat money changer terdekat dan terpercaya dengan membawa kartu identitas (KTP atau paspor) dan uang yang hendak ditukarkan.
  3. Serahkan uang yang akan ditukarkan kepada petugas money changer.
  4. Setelah proses penukaran selesai, petugas akan memberikan uang yang telah ditukarkan sesuai nominal yang diminta.

Demikian penjelasan mengenai 1 riyal berapa rupiah serta cara mengecek nilai tukar mata uang asing secara online. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Simak Video “Daya Beli Wisatawan di Jepang Naik Gegara Yen Melemah
[Gambas:Video 20detik]

(ilf/fds)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *