Jakarta

Pemerintah akan segera melangsungkan perbaikan permanen untuk Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Tol Bocimi yang terdampak bencana tanah longsor pada 3 April lalu. Ditargetkan perbaikan ini akan rampung pada bulan Juni 2024.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Basuki mengatakan, pekerjaan perbaikan akan mulai dilangsungkan Senin pekan depan.

“(Perbaikan) itu 2 bulan, kira-kira 2 bulan (sampai Juni). Habis Lebaran ini, Senin besok sudah mulai permanen ya (pekerjaan perbaikannya),” kata Basuki, ditemui usai Halalbihalal di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diketahui, kejadian longsor itu terjadi di Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Km 64+600 pada 3 April 2024 lalu, pukul 20.00 WIB. Kementerian PUPR sendiri sebelumnya telah melakukan perbaikan sementara agar ruas tol tersebut bisa dilalui secara fungsional dalam mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

“Alhamdulillah 45 sheetpile yang ada di bagian bawah struktur tol sudah terpasang semua untuk menahan longsor, kemudian yang di bagian atas akan dipasang 60 sheetpile lagi. Sampai siang tadi sudah terpasang 37 buah sheetpile. Nanti jam 24.00 WIB (Selasa) malam mudah-mudahan bisa selesai semua,” kata Basuki, dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (10/4/2024).

“Sehingga diupayakan pada hari Kamis (11/4/2024) sudah dapat dibuka satu lajur fungsional sebagai cadangan kalau terjadi kemacetan di jalur nasional. Nanti untuk teknisnya akan diatur oleh pihak kepolisian,” imbuhnya.

Atas perbaikan sementara itu, ruas jalan tol itu mulai dibuka pada 11 April pukul 12.00 WIB, mulai dari Pintu Cigombong (KM 60) ke arah Pintu Cibadak/Parungkuda (KM 72) Sukabumi. Ruas tol ini tidak dipungut biaya alias gratis.

“Dengan pertimbangan keselamatan, hanya satu lajur pada KM64+600 B yang dibuka fungsional, dimana pengaturan lalu lintasnya dilakukan sepenuhnya oleh Polres Sukabumi,” kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (11/4/2024).

Lebih lanjut Endra menerangkan, akan diberlakukan sistem buka-tutup pada ruas fungsional ini, dengan jam operasional dalam kendali Polres Sukabumi. Kemungkinan buka-tutup akan dilakukan antara pukul 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya.

“Kementerian PUPR bersama PT Trans Jabar Tol selaku BUJT tetap akan standby di lapangan untuk memastikan layanan tol fungsional ini berjalan baik. Kami pun menghimbau pengguna jalan tol untuk tetap berhati-hati dan senantiasa mengikuti arahan petugas Kepolisian di lapangan untuk keselamatan dan keamanan bersama,” jelas Jubir Endra.

(shc/das)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *