Jakarta

Pengguna mode transportasi kereta api mungkin sudah terbiasa memesan tiket kereta api, baik untuk kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi.

Ketika memesan tiket, terdapat kode huruf seperti C, P, Q, S, dan Z di samping nama kelas. Bisa jadi masih ada yang bingung dengan perbedaan kode-kode huruf tersebut.

Apa arti kode huruf pada tiket kereta api? Berikut penjelasannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa Arti Kode Huruf pada Tiket Kereta Ekonomi?

Kereta api kelas ekonomiFoto: dok. PT KAI

Menurut akun X resmi Kereta Api Indonesia, kereta api kelas ekonomi maupun eksekutif dan bisnis memiliki kode-kode huruf yang menandakan subkelas.

Tidak ada fasilitas yang membedakan subkelas, yang berbeda adalah posisi duduknya. Misalnya, posisi duduk di gerbong bagian tengah rangkaian kereta yang memudahkan penumpang keluar menuju stasiun. Atau, posisi duduk di gerbong yang tidak memiliki banyak guncangan akibat rangkaian roda kereta.

Akun resmi Kereta Api Indonesia menyatakan bahwa perbedaan tarif pada masing-masing kode tersebut merupakan apresiasi dari PT Kereta Api Indonesia terhadap penumpang yang melakukan pemesanan jauh-jauh hari. Jika melakukan pemesanan lebih awal, calon penumpang bisa memilih tarif yang diinginkan.

Sehingga, jika detikers ingin berpergian menggunakan kereta api, sebaiknya pesanlah tiket dari jauh-jauh hari. Tiket dengan subkelas bertarif rendah lebih ramah di kantong, tetapi subkelas bertarif tinggi bisa menawarkan lebih banyak kenyamanan sangat berpergian.

Mengutip situs resmi Forum Humnas BUMN, tiket kereta ekonomi memiliki subkelas dengan kode C, P, Q, S, dan Z. Subkelas C memiliki tarif tertinggi sementara S menandakan tarif terendah. Sementara Z adalah kode yang menandakan tarif promo.

Jika ingin memesan tiket kereta api kelas eksekutif dan bisnis, terdapat pula subkelas. Kelas eksekutif memiliki subkelas dengan kode AA, A, H, I, J, dan X. A menandakan subkelas tarif tertinggi dan J adalah subkelas tarif terendah, sementara X adalah tarif promo.

Kelas bisnis memiliki subkelas berkode B, K, N, O, dan Y. Subkelas B memiliki tarif tertinggi, O memiliki tarif terendah, dan Y adalah tarif promo.

Itu dia arti kode huruf pada tiket kereta. Jadi, detikers yang ingin memesan tiket kereta tidak perlu bingung lagi, ya! Kode-kode huruf tersebut menandakan subkelas dengan harga yang berbeda-beda. Agar bisa memilih subkelas yang diinginkan, sebaiknya pesanlah tiket kereta api dari jauh-jauh hari.

Simak Video “KAI Sediakan 4,2 Juta Kursi ke Jakarta pada Libur Lebaran 2024
[Gambas:Video 20detik]

(fds/fds)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *