Jakarta

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita buka suara soal memanasnya hubungan antara Iran dan Israel. Menurut Agus, selain berpengaruh ke Indonesia, konflik kedua negara juga bakal berdampak bagi dunia.

“Saya kira sedikit banyak kalau terjadi eskalasi, saya nggak mau bilang perang. Ini eskalasi hubungan yang memanas antara Iran dengan Israel, eskalasi aja udah pengaruhi, apalagi kalo terjadi perang ini akan mempengaruhi nggak hanya Indonesia tapi juga global,” katanya saat ditemui di Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2024).

Oleh karena itu, Indonesia harus cermat melihat situasi dan mengambil langkah yang tepat. Terlebih sektor manufaktur juga menghadapi tantangan dari melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini sesuatu yang harus kita cermati, analisa, dan mengambil langkah yang tepat agar manufaktur kita tidak berdampak lebih dalam lagi terhadap pelemahan rupiah dan juga terhadap eskalasi hubungan memanas antara Iran dengan Israel,” tuturnya.

Ia menjelaskan, jika perang sampai pecah, maka arus logistik global akan terganggu. Pasalnya, kapal-kapal yang melintas di Asia Selatan, Asia Barat, hingga Terusan Suez akan terganggu. Oleh karena itu, Agus meminta Iran dan Israel agar menahan diri.

“Kapal-kapal yang akan melewati lautan Asia Selatan dan Asia Barat, Terusan Suez itu akan terganggu. Jadi itu kita harapkan, baik Iran maupun Israel menahan dirilah untuk kepentingan yang lebih besar,” pinta Agus.

Hal lain yang menjadi sorotan adalah naiknya harga komoditas energi akibat perang. Oleh karena itu, Agus menegaskan perang tidak pernah membawa manfaat bagi industri manufaktur.

Cost of energy pasti naik. Perang itu tidak akan pernah membawa manfaat ke industri manufaktur. Tidak akan pernah. Cost of production naik, market pasti terganggu. Kami harap nggak terjadi eskalasi,” tutupnya.

Simak Video ‘Komisi I DPR Minta Pemerintah Jadi Penengah Perang Iran dan Israel’:

[Gambas:Video 20detik]

(ily/ara)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *