Jakarta

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menanggapi rencana kedatangan CEO Apple, Tim Cook ke Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebut Tim Cook dijadwalkan datang ke Indonesia pada Rabu (17/4).

Saat ditanya soal kemungkinan pengembangan investasi Apple di Indonesia, Agus berharap hal itu terwujud. Apalagi Agus menyebut Indonesia sudah melakukan pembicaraan dengan Apple terkait regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Ya mudah-mudahan, mudah-mudahan (investasi). Kalau sama Apple kan kita udah bicara, sudah cukup lama kita bicara,” katanya saat ditemui di Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Agus, Apple berkomitmen untuk memenuhi persyaratan TKDN. Selain itu Apple juga mendirikan infrastruktur pendidikan di Indonesia, yaitu Apple Academy.

Agus menyebut raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) itu sudah mendirikan tiga Apple Academy untuk meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia (SDM). Agus menilai Apple Academy bisa menghasilkan inovasi-inovasi di sektor teknologi.

“Dan mereka wajib untuk membentuk infrastruktur pendidikan di Indonesia, dan mereka sudah membentuk tiga, udah mau empat yang disebut dengan Apple Academy, yang menurut pandangan saya output-nya cukup baik menghasilkan SDM brainware, menghasilkan inovasi-inovasi untuk aplikasi, yang kemudian bisa digunakan di perusahaan-perusahaan lain,” imbuhnya.

Dalam catatan detikcom, Apple telah berinvestasi di Indonesia pada 2018 dengan menggelontorkan dana US$ 44 juta atau Rp 586 miliar. Investasi ini dilakukan sebagai alternatif persyaratan TKDN agar bisa menjual ponsel 4G di Indonesia.

Dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 29 Tahun 2017 pasal 36 pasal 2 bagian c yang menyebut investasi senilai di atas Rp 550-700 miliar maka akan memperoleh TKDN 30%.

Dana investasi tersebut untuk mendirikan Apple Developer Academy. Saat ini sudah ada tiga lokasi, yakni BSD, Surabaya, dan Batam. Ribuan siswa sudah lulus dari program ini dan berkarier di banyak perusahaan.

(ily/ara)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *