Jakarta

PT Rosalia Indah Transport tengah menjadi sorotan imbas salah satu busnya yang mengalami kecelakaan di ruas Tol Batang-Semarang. Kecelakaan yang terjadi pukul 06. 35 WIB itu menyebabkan 7 orang meninggal dunia.

Dugaan awal penyebab kecelakaan adalah sopir bus yang mengantuk sehingga bus keluar jalur dan masuk ke parit sepanjang 200 meter. Dari foto yang beredar, tampak bus kelas eksekutif itu terperosok dengan posisi miring ke kiri.

Di samping insiden yang dialami, Rosalia Indah sendiri merupakan salah satu perusahaan jasa angkutan darat terkemuka di Indonesia. Perusahaan tercatat memiliki sumber daya manusia (SDM) lebih dari 1.000 personel dan lebih dari 140 kantor perwakilan dan agen Rosalia Indah tersebar di Jawa-Sumatera.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari situs resmi Rosalia Indah, Jumat (12/4/2024), awal perjalanan Rosalia Indah dimulai pada 1983, saat Yustinus Soeroso dan Yustina Rahyuni Soeroso mengawali perjuangannya mendirikan usaha jasa transportasi.

Bisnis mereka dirintis menggunakan 1 armada jenis Colt Diesel dengan nomor polisi AD 9866 A. Armada tersebut melayani penumpang dengan trayek Solo – Blitar PP. Kemudian usaha keduanya berlanjut dengan lini bisnis travel dan memiliki trayek/rute Jogja-Surabaya, Jogja-Blitar/Malang dan terus berkembang sampai dengan tahun 1991.

“Armada Colt Diesel bersejarah tersebut masih terawat dengan baik hingga saat ini, sebagai saksi perjalanan dan perjuangan usaha Bapak Soeroso, armada tersebut diberikan nama Bibit Kawit,” tulis perusahaan.

Pada tahun 1991 usaha milik Yustinus dan Yustinia semakin berkembang, dan telah memiliki 5 armada bus non AC dengan merk HINO type AK. Sejak saat itu pula secara resmi Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah melakukan transformasi menjadi perusahaan perseorangan yang berbadan hukum sebagai Biro Perjalanan Umum disingkat BPU. Rosalia Indah,

“Dengan identitas perizinan resmi yaitu No. 05/D.2/BPU/III/1991 dari Deparpostel Dirjen Pariwisata,” terang perusahaan.

Di tengah kompetisi dan bisnis yang semakin ketat, terjadi perubahan status badan hukum dari PO. Rosalia indah dan Biro Perjalanan Umum, berubah menjadi perusahaan terbatas dengan nama PT. Rosalia Indah Transport.

Hal ini berdasarkan SK. Menkumham RI No. AHU-2392920.AH.01.01. yang beralamat di Jl. Raya Solo – Sragen KM. 7,5 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah. Perubahan status badan hukum tersebut, tercatat dilakukan secara resmi pada tanggal 15 April 2015.

Bisnis Rosalia Indah terus berkembang dan menjadi salah satu PO Bus disegani di Indonesia. Berbagai penghargaan telah diterima, salah satunya dari Museum Rekor Indonesia atau MURI karena memiliki armada bus Antar Kota Antar Propinsi Double Decker Terbanyak dengan Pelayanan Pramugara-Pramugari di Indonesia.

(ily/kil)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *