Jakarta

Aktris, Prilly Latuconsina, tengah menjadi sorotan netizen karena diduga memasak rendang menggunakan gas elpiji 3 kg. Padahal gas melon tersebut merupakan subsidi yang ditujukan bagi masyarakat tidak mampu.

Prilly sendiri telah menghaturkan maaf dalam unggahan di media sosialnya. Ia mengaku tidak sadar telah menggunakan gas tersebut. Prilly mengatakan gas itu dipinjamkan oleh tukang gas langganan karena stok gas di rumahnya habis.

Gas elpiji 3 kg merupakan bahan bakar bersubsidi yang menghabiskan dana hingga puluhan triliun rupiah setiap tahunnya. Dalam catatan detikcom, Pertamina selaku penyedia elpiji mendapat Rp Rp 87,4 triliun untuk subsidi LPG Tabung 3 Kg untuk 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dana subsidi ini diterima Pertamina setelah melakukan penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024 dengan pemerintah. Adapun besaran kuota subsidi LPG 3 kg ini didasarkan pada Kepmen ESDM No. 446.K/MG.05/DJM/2023.

Sementara itu, berdasarkan informasi dalam situs resmi Kementerian ESDM, pada awalnya pemerintah ingin mengalokasikan sekitar Rp 113,3 triliun untuk subsidi BBM dan LPG sepanjang 2024.

Meski begitu, tidak disebutkan secara rinci besaran subsidi khusus elpiji dari jumlah dana itu. Namun yang pasti jumlah ini jauh lebih besar dari realisasi subsidi BBM dan gas pada 2023 lalu, sebesar Rp 95,6 triliun.

Di saat yang bersamaan, pemerintah juga sudah menyadari jika selama ini proses penyaluran elpiji 3 kg belum sepenuhnya tepat sasaran.

Pola distribusi terbuka membuka ruang bagi semua kalangan masyarakat mudah memperoleh komoditas bersubsidi ini. Apalagi masyarakat terlanjur mengenal elpiji 3 Kg lebih praktis dan kompetitif.

Padahal peruntukan awal hanya bagi rumah tangga miskin, usaha mikro-kecil (UKM), nelayan, dan petani sasaran. Tentu, kondisi tersebut kian membebani belanja negara.

“Harus ada kebijakan pemerintah bagaimana bisa mengoptimalkan subsidi ini diterima dengan baik untuk masyarakat,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam keterangan resminya, Senin (15/1/2024) lalu.

Pada akhirnya, sejak awal 2024 ini pemerintah telah mengubah sejumlah aturan terkait proses pendistribusian subsidi elpiji 3 kg, dari yang awalnya berbasis komoditas ke penerima manfaat.

Dengan aturan ini hanya pengguna terdaftar saja yang diperbolehkan membeli elpiji 3 Kg. Status data bisa diperiksa melalui Nomor Induk Penduduk (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sebagai tambahan informasi, pada awalnya Prilly yang dikenal senang memasak, membagikan momennya memasak rendang di instagram resminya @prillylatuconsina. Namun, mata netizen rupanya jeli melihat ia menggunakan gas elpiji 3 kg.

Walhasil, karena hal tersebut, Prilly pun menghaturkan maaf dalam unggahan terbarunya, ia mengaku tidak sadar telah menggunakan gas tersebut. Prilly mengatakan gas itu dipinjamkan oleh tukang gas langganan karena stok gas di rumahnya habis.

“Tidak ada niatan menyembunyikan atau apapun karena itu memang berada di belakang tas belanja. Akupun ga ngeuh. Saat tukang gas langganan aku datang dan bawa gas yang memang sering aku pesan langsung aku ganti dan gasnya aku kembalikan lagi,” tulis Prilly, Rabu (10/4/2024).

(eds/eds)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *