Jakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono rencananya pindah ke IKN Nusantara bersama istri ke IKN setelah pasokan air bersih masuk. Pasokan air bersih diperkirakan masuk IKN Juni nanti

“Mudah-mudahan Juli nanti, kalau air bisa masuk Juni, saya dengan istri saya,” kata Basuki sambil merangkul istrinya di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2024).

Basuki mengatakan akan berkunjung lagi ke IKN Nusantara setelah Lebaran 2024. Kunjungan dilakukan dirinya sebelum Presiden Joko Widodo datang ke ibu kota baru.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya mau duluan sebelum pak presiden, jadi pak presiden rencana setelah lebaran mau ke sana, saya mau lihat dulu,” bebernya.

Menurutnya, hal ini dilakukan bukan karena ingin mendahului Presiden Jokowi, melainkan ingin mengawal langsung pembangunan tahap pertama (batch 1) yang ditarget rampung pada Juli-Agustus mendatang.

“Bukan karena presidennya, tapi emg progresnya Juli harus jadi. Jadwal saya sendiri,” tegasnya.

Sebelumya berdasarkan catatan detikcom, Aparatur Sipil Negara (ASN) direncanakan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Kloter pertama yang pindah antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Airlangga pun mengajak Basuki ngopi bareng di IKN. Ajakan itu disampaikan langsung saat keduanya menghadiri acara konferensi Proyek Strategis Nasional (PSN) di Hotel Grand Sheraton, Jakarta, Rabu (26/7/2023).

“Pembangunan IKN selain kantornya Pak Basuki, kantor Menko pun yang akan pertama di sana. Jadi nanti saya akan ngopi bareng dengan pak Basuki di Ibu Kota Negara saat selesai ini pertama. Kita nikmati bulan-bulan menjelang Agustus ya Pak,” kata Airlangga.

Menjadi pembicara sebelum Airlangga, Basuki mengatakan dirinya akan menjadi menteri pertama yang tinggal di IKN Nusantara. Meskipun, hal itu kemungkinan hanya beberapa bulan karena masa Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berakhir tahun depan.

“Kalau mau jadi model pelopor tinggal di IKN, daftar ke saya. Insyaallah saya akan menjadi menteri pertama yang akan tinggal di IKN. Walaupun mungkin cuma beberapa bulan,” imbuhnya.

(hns/hns)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *