Jakarta

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia buka suara soal kabar perpanjangan kontrak PT Vale Indonesia Tbk. Menurut Bahlil harus mengecek keabsahan seluruh dokumen sebelum menetapkan IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus).

“Nanti kita lihat lah ya, saya harus cek, Pak Arifin (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral) sudah mengirim dokumen ke kami, sekarang di bagian anu kan mengecek tentang tata kelola investasinya. Kalau semua dokumen sudah clear nggak ada masalah,’ ucap Bahlil di rumah dinas Menteri kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2024).

Namun Bahlil tidak menjawab ketika ditanya kapan perpanjangan IUPK itu bisa dilakukan. Yang jelas, Bahlil mengatakan hal itu akan dilakukan setelah Lebaran 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ya habis Lebaran, ini masih Lebaran kan?” bebernya.

Sebelumna Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan saat ini urusan teknis untuk perpanjangan kontrak PT Vale Indonesia sudah selesai diurus. Vale awalnya hanya memiliki Kontrak Karya (KK), saat ini akan dialihkan menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Dengan pengalihan kontrak menjadi IUPK, masa kerja Vale Indonesia bertambah jadi 20 tahun. Kontrak Kerja Vale Indonesia habis di 2025. Arifin mengatakan aspek administrasi, teknis, lingkungan, hingga finansial perusahaan sudah dievaluasi untuk mendapatkan IUPK.

“Permohonan perpanjangan KK Vale Indonesia telah selesai dievaluasi terkait aspek administrasi, teknis lingkungan, finansial serta kinerja pengusahaan,” beber Arifin dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Rabu (3/4/2024).

Arifin juga mengatakan saat ini draf penerbitan SK IUPK Vale Indonesia sudah disampaikan langsung olehnya ke Kementerian Investasi/BKPM.

“Menteri ESDM telah menyampaikan draft IUPK PT Vale indonesia kepada Menteri Investasi/Kepala BKPM melalui surat no T 154/MB.04/MEM.S/2024 tanggal 22 Maret 2024 hal pengantar pemberian izin usaha pertambangan khusus sebagai kelanjutan operasi kontrak/perjanjian Pt Vale Indonesia TBK,” papar Arifin.

(hns/hns)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *