Jakarta

Musim mudik Lebaran telah tiba. Bagi pemudik yang melalui Tol Trans Jawa, khususnya Jawa Timur, akan melintasi jalan tol yang dapat bernyanyi atau biasa disebut singing road.

Tol unik ini ternyata sudah ada sejak Desember 2019 lalu dan terletak di jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Tol yang mengeluarkan nada ini dapat ditemui di KM 616 dan juga KM 644+200 B (arah Madiun-Solo).

Pada KM 616, hanya terdapat dua nada saja. Sedangkan, di KM 644+200 B dapat bernyanyi enam nada sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap, yaitu nada selamat ulang tahun.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Singing road kedua berada di Km 644+200 B, arah Madiun-Solo. Terdiri dari 6 nada, sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap, bernada lagu selamat ulang tahun,” jelas BPJT dalam keterangan video pada akun Instagram @bpjt_info, ditulis Selasa (9/4/2024).

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), pemasangan di Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri sebagai langkah untuk menekan jumlah angka kecelakaan lalu lintas. Lokasi Singing Road di Km 616 dan Km 644+200 B dipilih karena dua lokasi tersebut merupakan titik lelah pengemudi sehingga pengemudi akan kurang fokus saat menyetir pada titik ini.

Sebelum melewati Singing Road, PT. Jasamarga Ngawi Kertosono selaku Badan Usaha Jalan Tol telah memasang tiga rambu pemberitahuan, yaitu 50 meter sebelum, 200 meter sebelum, dan 400 meter sebelum jalan bernada.

Nada yang muncul dari jalan tol ini berasal dari rumble strip yang dipasang di jalan tol. Rumble strip itu kemudian ditata dengan jarak berdekatan agar saat dilindas ban mobil dapat terdengar suara hingga kabin.

Nada akan terdengar jelas jika mobil bergerak dengan kecepatan 80-100 km per jam. Jika kecepatan mobil lebih atau kurang nada tersebut tidak akan terdengar dengan baik.

(fdl/fdl)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *