Jakarta

Arus mudik di Pelabuhan Merak Banten sempat mengalami antrean yang sangat panjang. Ternyata salah satu penyebabnya gara-gara pemudik yang datang ke sana belum punya tiket. Banyak juga para pemudik sudah berkumpul di sana, meski belum waktunya berangkat.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4) kemarin, usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Seperti disampaikan bapak presiden terdapat jumlah yang melebihi dan mohon maaf ketidaktaatan masyarakat pengguna. Kalau di kereta api kan mereka beli tiket, dia datang 2 jam sebelumnya. Kalau ini, ada yang belum (beli) tiket bahkan jalannya besok pagi, dia sudah datang,” kata Budi, dikutip Selasa (9/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi mengungkap terjadinya penumpukan kendaraan itu hingga belasan kilometer. “Maka terjadilah antrean sebanyak lebih dari 10 km . Kita lakukan, kami datang bersama Pak Menko PMK, dengan TNI/Polri lalu kota rapatkan beberapa cara bertindak yang efektif kemarin. Pagi masih belasan kilometer,” ucapnya.

Budi juga melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hal itu disebabkan salah satunya karena 28% pemudik ke Pelabuhan Merak belum punya tiket kapal feri.

“Saya laporkan (Presiden Joko Widodo) ‘Hari ini nuwun sewu kami belum mampu melayani masyarakat yang hari itu naiknya 65% dan sebagian tidak bertiket 28%’. Saya laporkan ke pak presiden. ‘Tolong dikendalikan’,” ucap Budi.

19.700 Orang Nggak Punya Tiket

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengungkap, total masyarakat yang belum memiliki tiket pada 6-7 April lalu sebanyak 19.700 orang atau 32%. Sementara calon penumpang yang sudah mempunyai tiket 68%.

“Terkait banyak penumpang belum bertiket atau berniatgo showyaitu kejadiannya 32% angkanya kurang lebih 19.700 orang kemarin. Jadi, sangat besar karenanya ada beberapa hal yang kemudian SLA kami menjadi berubah,” kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi.

Ira mengatakan kondisi sejak pukul 11.30 WIB hari ini antrean tidak lagi sampai ke luar pelabuhan. Kemudian kondisi antrean di Pelabuhan Ciwandan juga disebut sudah berkurang.

“Di Merak sejak 11.30 WIB hari ini, pagi ini sudah tidak ada lagi antrean di luar pelabuhan. Ciwandan khususnya yang mengangkut roda dua atau motor sejak 10.30 WIB sudah legang,” jelasnya.

Ira mengimbau kepada masyarakat yang tidak memiliki tiket diharapkan untuk menunda perjalanan ke Pelabuhan Merak Banten. Ira meminta masyarakat datang ketika waktu penyeberangan saja jika telah mendapatkan tiket.

(ada/fdl)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *