Jakarta

Alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering membagikan bantuan sosial (Bansos) ke daerah terungkap. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Awalnya, Muhadjir menjelaskan hal itu dilakukan karena pembagian bansos merupakan salah satu cara Jokowi untuk bertemu rakyat sekaligus memastikan kebijakan yang dirancang pemerintah terlaksana di lapangan.

“Terakhir, mengenai pak presiden, jadi sebetulnya kunjungan pak presiden itu bukan sekarang saja. Itu merupakan salah satu pola kepemimpinan beliau. Saya sangat paham karena saya pernah mendampingi beliau ketika membagi KIP (Kartu Indonesia Pintar), pak presiden selalu ke daerah membagi-bagi, tujuannya apa? untuk memastikan bahwa kebijakan beliau memang landed. Memang ter-deliver di lapangan,” ucap Muhadjir di Kantor Mahkamah Konstitusi, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu juga mengungkap bahwa Jokowi selalu menekankan pentingnya belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada awal tahun. Hal ini membuat Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sudah bisa dikeluarkan pada November bahkan pada September.

Dengan hal tersebut, ia menjelaskan bahwa semua program pun sudah bisa terlaksana pada Januari, salah satunya seperti program bansos.

Saat berkunjung di lapangan, Muhadjir kemudian menjelaskan bahwa Jokowi berupaya melakukan dialog kepada masyarakat. Hal ini agar Jokowi bisa mengetahui langsung mengenai efektivitas penyaluran bansos. Setiap kunjungan pun bisa berjumlah sampai lima titik.

“Sehingga pada Januari sudah kick off semua program, termasuk bansos, dan di situlah presiden turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan, mengecek apa betul semuanya ter-deliver sekaligus mendapatkan feedback, sasaran dari bansos,” imbuhnya.

Selain itu, Muhadjir menuturkan Jokowi melakukan kunjungan untuk mengecek kesiapan proyek strategis nasional (PSN). Muhadjir pun menilai jika Jokowi sering berkunjung ke suatu daerah, besar kemungkinan wilayah tersebut memiliki PSN yang sedang berjalan.

“Menurut saya, kalau ada daerah sering dikunjungi presiden, kemungkinan besar di situ banyak proyek malahan, proyek strategis nasional (PSN) yang diberikan kepada daerah itu,” ujar dia.

(ara/ara)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *