Jakarta

Pemerintah bersama PT Trans Jabar Tol (TJT) selaku pemilik konsesi Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) tengah melakukan perbaikan ruas jalan KM 64+600 A arah Jakarta menuju Sukabumi yang terdampak bencana longsor Rabu kemarin.

Saat meninjau lokasi, Direktur Utama TJT, Abdul Hakim Supriyadi menyampaikan, TJT masih fokus dalam melakukan upaya-upaya penanganan dan kajian menyeluruh pada lokasi terjadinya longsor. Saat ini Jalan Tol Bocimi Seksi 2 dari Cigombong menuju Cibadak dialihkan sementara untuk dapat dilakukan persiapan operasi fungsional.

“Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini TJT menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang terjadi,” kata Hakim, dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (5/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kejadian longsor itu diduga bukan karena adanya gerakan tanah, melainkan murni akibat curah hujan yang tinggi. Untuk itu, akan diupayakan penanganan dalam tiga hari ke depan.

“Hari Senin, 8 April 2024 lusa, kami monitor dan tes dulu untuk bisa diupayakan jalur B nya dipakai sebagai jalur mudik kendaraan Golongan I, sehingga diharapkan sedikit bisa memecah arus mudik menuju Cigombong,” kata Basuki.

Basuki mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kepolisian untuk bisa membuka ruas jalan satu arah dari Jakarta ke Sukabumi saat arus mudik. Begitu pula dengan arus balik, akan dibuka satu arah dari arah Sukabumi ke Jakarta.

“Akan diupayakan agar Senin atau Selasa dapat dibuka. Setelah itu akan ditangani secara permanen setelah Lebaran, kira-kira 2-3 bulan penanganannya,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh PJ Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin. Ia juga turut mengapresiasi Kementerian PUPR dan menyambut baik upaya pengoperasian fungsional seksi Cigombong-Cibadak yang direncanakan mulai pekan depan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat kami menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas responnya yang cepat, karena ini pada arus mudik Lebaran dimana akan padat lalu lintas. Kami akan berkoordinasi, rencananya akan dibuka satu jalur secara fungsional hanya untuk mobil kecil saja, truk tidak boleh lewat,” kata Bey.

Selama periode mudik ini, pengguna jalan masih dapat melewati seksi 1 dari Ciawi menuju Cigombong. Bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Sukabumi dapat keluar melalui Gerbang Tol Cigombong, sedangkan pengguna jalan dari arah Sukabumi dapat melewati Gerbang Tol Cigombong untuk menuju ke arah Jakarta.

Selain itu, guna menghindari kepadatan lalu lintas, TJT menghimbau kepada para pengguna jalan untuk menghindari waktu puncak arus mudik serta tetap berhati-hati dalam berkendara.

(shc/fdl)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *