Jakarta

Tempat penitipan hewan peliharaan atau pet hotel penuh saat momen mudik Lebaran. Pet hotel menjadi solusi untuk menitipkan ‘anabul’ tanpa perlu waswas.

Mereka yang ingin menitipkan hewan peliharaannya harus merogoh kocek Rp 50.000-100.000 per hari. Harga tersebut tergantung pada paket yang ingin diambil.

Seperti di Anabul Pet Center, Depok yang menawarkan beberapa paket harga yang berbeda untuk hotel kucing. Untuk kelas Standard menawarkan kandang full AC dengan ukuran 60 cm. Paket ini dibanderol dengan biaya Rp 65.000/hari.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Paket ini sudah termasuk makanan dan air minum khusus air mineral, bukan air mentah, ya. Makanannya pun yang mewah, seperti Royal Canin, pasir gumpal wangi, dan rutin dibersihkan,” kata Co Founder Anabul Pet Center Trisetyani Suci kepada detikcom, Kamis (4/4/2024).

Lebih lanjut, ada juga kelas Deluxe dengan kandang aluminium premium full AC dengan ukuran 80x70x50 cm dengan fasilitas lantai keramik, air minum khusus air mineral, makanan kucing mewah, pasir gumpal wangi, dan rutin dibersihkan. Paket ini dibanderol Rp 85.000/hari.

Ada juga kelas VIP dengan ukuran kandang lebih luas, yakni 120x100x100 cm. Kandang yang digunakan kandang permanen premium dan berlantai keramik. Selain itu, makanan dan minuman yang ditawarkan juga khusus atau premium, pasir gumpal wangi, dan rutin dibersihkan dengan biaya Rp 100.000/hari.

“Pemilik juga dapat meminta foto dan video anabul setiap jam 10 pagi sampai jam 6 sore,” jelasnya.

Sementara di Rvet Animal Clinic, Bogor tarif sewa hotel kucing yang ditawarkan lebih murah, yakni Rp 50.000/hari. Fasilitas yang ditawarkan meliputi kandang dibersihkan tiga kali sehari, alas kandang underpad, makan dan air minum mineral, dan ruang rawat inap yang minim terkontaminasi virus.

“Kandangnya selalu bersih karena kita bersihkan tiga kali sehari. Kita tidak menerima rawat sakit infeksius, jadi dipastikan tidak terkontaminasi virus anabulnya,” kata pemilik Rvet Animal Clinic, Rizal Arifin Akbari kepada detikcom.

Selama periode libur Lebaran, pihaknya tidak menaikkan tarif sewa hotel kucing, meskipun ada kenaikan permintaan. Sekitar dua minggu sebelum Lebaran, tempatnya sudah dibanjiri pesanan hingga kuota yang tersedia penuh.

Padahal pada hari biasanya, pet hotel miliknya paling banyak terisi 1-8 ekor saja. Pada periode ini, Rizal bilang kapasitas yang tersedia penuh.

“Iya, makin banyak (yang titipkan hewan). 30 kuota sudah terisi sejak dua minggu sebelum Lebaran,” jelasnya.

(ara/ara)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *