Balikpapan

Proyek Strategis Nasional (PSN) Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan menjadi salah satu proyek Pertamina dengan kompleksitas tinggi. Menurut PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), proyek ini melibatkan total 5.203 peralatan.

Corporate Secretary KPI Hermansyah Y Nasroen mengatakan, berat dari keseluruhan peralatan mencapai 110 ribu ton. Berat tersebut setara 4,5 kali berat patung Liberty di New York, Amerika Serikat yang seberat 24.600 ton.

“Proyek RDMP ini kalau ditotal alatnya 4,5 kali berat patung Liberty,” kata Corporate Secretary KPI Hermansyah Y Nasroen saat ditemui detikcom di Kilang Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (3/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu unit terberat di proyek RDMP Balikpapan adalah Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC). Unit ini memiliki berat 1.099 ton atau setara 12 pesawat Boeing 737-800 yang seberat 79 ton per unitnya.

Untuk unit tertingginya adalah Propane/Propylene splitter setinggi 110 meter atau setara gedung 30 lantai. Lalu ada electrical cable sepanjang 5.040 kilometer, yang jika dibentangkan setara jarak Jakarta-Soul, Korea Selatan.

Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan, Kalimantan TimurRefinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan, Kalimantan Timur Foto: Rista Rama Dhany/detikcom

Kemudian volume beton pada proyek ini mencapai 307.670 meter kubik, atau setara dua kali volume beton Petronas Tower di Malaysia. Volume beton Petronas tercatat sebesar 150.000 meter kubik.

Lalu berat steel structure adalah 74.723 ton, atau setara 7 kali berat steel Menara Eiffel yang 10.100 ton. Untuk panjang welding pipa sendiri adalah 4.986.421 dia-inch, atau 11 kali panjang welding proyek PKT Bontang yang sepanjang 450.000 dia-inch.

Sebelumnya, RDMP Balikpapan disebut memiliki kompleksitas tinggi karena berada di operasi kilang eksisting. KPI harus memastikan kedua kegiatan, yakni operasional dan proyek RDMP Balikpapan berlangsung bersamaan.

Proyek RDMP sendiri melibatkan sekitar 22.983 pekerja. KPI menargetkan RDMP Balikpapan rampung secara keseluruhan pada tahun 2025, dan menjadi salah satu legacy Pertamina dalam menjaga ketahanan energi nasional.

(ily/rrd)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *