Jakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, rencananya presiden terpilih 2024-2029 akan dilantik di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jawaban ini menyusul status DKI Jakarta yang sudah bukan lagi berstatus ibu kota negara.

Diketahui, paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), dengan perolehan 96.214.691 suara atau 58,6%. Artinya, keduanya resmi ditetapkan sebagai pemimpin berikutnya.

“Pelantikan Presiden (Prabowo) rencana di sana, di IKN,” kata Basuki, ditemui di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Basuki menambahkan, hal ini selaras dengan pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN. Meski begitu, ada kemungkinan pidato kenegaraan akan dilangsungkan di DKI Jakarta.

“Kalau 17 Agustusan di sana, mungkin pidato kenegaraan masih tetap di sini (DKI Jakarta). 17 Agustus upacara masih di sana,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, per Maret 2024 progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) batch 1 telah tembus 77%. Sejumlah proyek mulai dari proyek pemerintah hingga investor swasta ditargetkan rampung pada Agustus 2024. Artinya, gedung-gedung tersebut akan masuk ke ranah pengelolaan OIKN.

Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga memaparkan, di jajaran gedung pemerintahan, pertama ialah Istana Presiden dan Lapangan Upacara yang nantinya akan menjadi lokasi seremonial Upacara 17 Agustus 2024.

“Istana Presiden dan Lapangan Upacara dengan progres konstruksi saat ini sudah hampir 60% dan target pada bulan Juni 2024, bangunan istana, lapangan upacara, serta podium akan berfungsi 100%. Dan Insyaallah dapat digunakan untuk mendukung kegiatan Upacara Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus yang direncanakan menampung 8.700 orang,” kata Danis, dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Otorita IKN, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024).

Saksikan Live DetikPagi:

(shc/kil)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *