Jakarta

PT PLN (Persero) memastikan keandalan dan kecukupan pasokan listrik selama Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024. Pihaknya mengaku telah melakukan persiapan selama kurang lebih dua bulan ini.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan seluruh pasokan daya sistem kelistrikan selama Idul Fitri akan berada dalam kondisi normal dengan cadangan daya lebih dari cukup.

“PLN memastikan seluruh pasokan daya sistem kelistrikan dalam kondisi normal. Kami sudah melakukan persiapan selama 2 bulan ini. Kami sudah melakukan persiapan dari energi primer dan pembangkitnya, dari sistem transmisi, sistem distribusi, sistem pelayanan pelanggan,” kata Darmawan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (3/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama masa Idul Fitri 2024, PLN mengerahkan 81.591 personil, 1.040 personil pekerjaan dalam kondisi bertegangan (PDKB) dan 2.766 posko. Masa siaga ditetapkan mulai 3 April 2024 sampai 19 April 2024.

“Kami sudah melakukan inspeksi screening, patroli rutin dalam memastikan keandalan infrastruktur kelistrikan bisa aman sehingga jalannya Lebaran bisa berjalan dengan lancar,” ucap Darmawan.

PLN memastikan neraca daya nasional dalam kondisi aman di mana cadangan energi primer di atas 20 hari operasi (HOP). Selain itu, seluruh jadwal pemeliharaan dimajukan sehingga aset kelistrikan diklaim dalam kondisi prima.

“Untuk memastikan sistem dalam kondisi aman, kami sudah memajukan seluruh jadwal pemeliharaan baik itu pembangkit, pemeliharaan gardu induk, pemeliharaan transmisi, pemeliharaan untuk jaringan distribusi dan saluran ke pelanggan,” pungkasnya.

(aid/das)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *