Jakarta –
Pertamina Patra Niaga memperkirakan kebutuhan energi masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran 2024 meningkat 56% dibandingkan tahun lalu. Sedangkan total kebutuhan energi nasional 5-6% dibanding rata-rata konsumsi harian normal.
Secara rinci, perusahaan memproyeksikan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024 peningkatan konsumsi masyarakat untuk produk BBM Pertamax sekitar 15%, Pertalite 10%, dan Pertamax Turbo 6%, Dexlite 3% dan Pertamina Dex 4%. Sedangkan untuk konsumsi Solar diperkirakan turun 13%.
Di luar itu, untuk kebutuhan LPG secara nasional juga diperkirakan ikut mengalami peningkatan sekitar 4%. Kemudian kebutuhan untuk Avtur meningkat sedikit sekitar 1%.
Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan untuk mengatasi hal ini pihaknya sudah tergabung dalam Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2024 yang dibentuk langsung oleh PT Pertamina (Persero) bersama seluruh anak usahanya.
Bersama dengan satgas, pihaknya sudah meningkatkan ketahanan stok mulai dari level Integrated Terminal, SPBE, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) hingga ke SPBU serta Agen dan Pangkalan LPG.
“Untuk gasoline ketahanan stok berada di level 30 hari, gasoil, 22 hari, LPG 16 hari, dan Avtur 38 hari,” kata Irto dalam keterangan resminya, Selasa (2/4/2024).
“Peningkatan stok ini menjadi langkah awal kami memastikan ketersediaan produk yang siap didistribusikan ke masyarakat, dan kami pastikan dalam kondisi aman untuk arus mudik hingga balik,” lanjut Irto.
Kemudian untuk penyaluran energi sendiri, Pertamina Patra Niaga telah menyiagakan 115 Terminal BBM, 30 Terminal LPG, 71 DPPU lebih dari 7.400 SPBU, 723 SPBE, dan lebih dari 48 ribu Agen serta Pangkalan LPG.
Kemudian subholding hilir Pertamina ini juga sudah menyiapkan layanan tambahan berupa lebih dari 1.700 SPBU Siaga, 5.000 Agen LPG Siaga 24 jam, 61 Kiosk Pertamina Siaga, 54 motoris, 200 mobil tangki standby, dan 6 Serambi MyPertamina untuk momen mudik Lebaran 2024.
“Jadi setelah stok aman, kami pastikan sarfas distribusi dan pengecekan kualitas produk berjalan dengan maksimal. Lalu untuk layanan tambahan ini akan kami tempatkan di jalur utama, seperti tol, jalur mudik roda dua, jalur rawan titik kemacetan, lokasi rawan bencana, dan juga lokasi wisata mengingat panjangnya libur Idul Fitri kali ini,” terang Irto.
Dalam proses distribusinya Irto menyebut perusahaan juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Kementerian ESDM, BPH Migas, Kepolisian dan TNI, Jasa Marga, Perbankan, serta pihak terkait lainnya.
Terakhir, Irto menyampaikan pihaknya juga sudah menyiapkan berbagai loyalty program untuk masyarakat melalui MyPertamina. Sedangkan untuk mereka yang membutuhkan bantuan, khususnya dalam hal penyaluran BBM, untuk menghubungi layanan Pertamina Call Center (PCC) 135 serta
“Untuk pelanggan setia, berbagai promo akan disiapkan dan bisa masyarakat lihat di aplikasi MyPertamina dan sosial media @mypertamina. Kami juga menyiagakan PCC 135 untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat ataupun jika diperjalanan nanti membutuhkan informasi terkait layanan ataupun produk kami,” pungkas Irto.
(fdl/fdl)