Jakarta

PT Pertamina (Persero) bersama seluruh anak usahanya telah membentuk Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2024 untuk memastikan ketersediaan dan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama masa libur Lebaran. Satgas ini bertugas mulai 25 Maret hingga 21 April 2024.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menjelaskan secara umum satgas ini bertugas melakukan penebalan stok di terminal-terminal BBM dan pemberian layanan mudik Lebaran.

“Kalau bisa kita bagi dua, satgas ini sejak tanggal 25 Maret hingga akhir Maret itu fokus pada peningkatan stok, penebalan stok yang ada di Terminal BBM,” kata Fadjar dalam Press Conference Satgas RAFI Pertamina Grup di SPBU MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sedangkan mulai 1 April, hari ini, hingga tanggal 21 April kita fokus juga menambahkan layanan-layanan energi berupa posko Pertamina Siaga, kemudian ada layanan-layanan kesehatan, juga layanan-layanan lain yang berkaitan dengan nanti jalanannya arus mudik Lebaran hingga arus balik,” terangnya lagi.

Ia menyebut Pertamina memperkirakan konsumsi BBM selama arus mudik dan balik secara nasional mengalami kenaikan 5-6% dibanding rata-rata konsumsi harian normal. Mengatasi hal ini pihaknya sudah melakukan penebalan stok sebanyak 10-15%.

“Secara stok itu kita sangat amat sekali, bahkan tadi proyeksinya konsumsi selama lebaran ini kan 5-6%, tapi tadi stoknya bisa mencapai 10-15%,” ujar Fadjar.

Dalam pelaksanaan penyaluran sendiri, Fadjar menjelaskan Pertamina telah mengoperasikan sarana dan fasilitas (Sarfas) sebanyak 115 Terminal BBM, 30 Terminal LPG, 71 Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU), 7.400 SPBU, 723 SPBE dan 48.207 Agen/Outlet LPG untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

Masih belum cukup, Pertamina juga telah menyiapkan Sarfas tambahan selama masa libur Lebaran 2024 yang meliputi 1.792 SPBU Siaga 24 Jam, 5.027 Agen LPG Siaga 24 Jam, 200 Mobil Tangki Stand By, 61 Kiosk Pertamina Siaga, 54 Motorist, dan 281 Pertamina Delivery Service.

Terakhir Fadjar mengatakan seluruh proses penyaluran dan layanan Pertamina selama masa libur Lebaran 2024 di seluruh pelosok Indonesia ini dipantau secara real time melalui Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC).

“Itu semua kami monitor secara real time ya. Kami sekarang memiliki Command Centre di Graha Pertamina, itu 24 jam sehari, satu minggu beroperasi penuh untuk memonitor pergerakan atau memonitor segala proses dari hulu ke hilir. Sehingga nanti kita bisa memastikan jika ada hal-hal yang bersifat urgent dapat ditangani dengan cepat,” jelasnya.

(fdl/fdl)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *