Jakarta

Penemu mesin karaoke pertama, Shigeichi Negishi, dikabarkan meninggal pada usia 100 tahun pada Januari 2024 lalu. Namun kabar duka ini baru disampaikan pihak keluarga pada pertengahan Maret ini.

Melansir dari CNN, Sabtu (30/3/2024), Negishi dikabarkan meninggal karena sebab alamiah setelah terjatuh alias faktor usia. Kabar ini juga sudah dikonfirmasi oleh Direktur Pelaksana Asosiasi Industrialis Karaoke Seluruh Jepang, Shiro Kataoka.

Perlu diketahui, Negishi merupakan penemu mesin bernama “sparko box” yang menjadi cikal-bakal mesin karaoke pada tahun 1967. Mesin karaoke pertama di dunia ini muncul setelah salah satu karyawannya dengan bercanda menghina suara nyanyiannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari kejadian itu, pria kelahiran 1923 ini ia meminta salah seorang insinyur elektrik untuk memasang mikrofon, speaker, tape deck, dan mixer sehingga ia dapat mendengar dirinya bernyanyi sambil mendengarkan musik.

“Jadi, saya memasang terminal input mikrofon ke stereo mobil dan membuat sesuatu seperti prototipe jukebox,” kata Negishi dalam sebuah wawancara diterbitkan oleh All-Japan Karaoke Industrialist Association.

Pendiri sekaligus pemilik perusahaan perakitan stereo untuk salah satu produsen mobil di utara Tokyo itu pertama kali menguji Sparko Box tersebut dengan rekaman instrumental dari lagu “Mujo no Yume” karya Yoshio Kodama tahun 1930-an.

Ternyata mesin buatannya itu berhasil mengeluarkan suaranya melalui speaker bersamaan dengan musik yang diputar. Dari sana ia tahu bahwa dirinya baru saja menemukan alat baru yang sangat menarik.

Negishi kemudian langsung menjual mesin Sparko Box buatannya ke berbagai tempat seperti bar, hotel, hingga restoran. Hingga tahun 1970an dirinya berhasil menjual sekitar 8.000 perangkat.

Namun, hingga akhir hayatnya, Negishi tidak bisa mematenkan mesin karaoke tersebut. Sebab pada tahun 1960an-1970an lalu, di Jepang banyak orang menciptakan berbagai jenis mesin serupa secara mandiri.

Kondisi ini membuat proses mematenkan hak cipta jadi cukup sulit karena tidak bisa diketahui secara pasti apakah dirinya benar-benar penemu pertama mesin karaoke.

Selain itu di tahun 1970an, banyak perusahaan elektronik yang sudah mengembangkan mesin ini yang membuat Sparko Box milik Negishi kalah saing.

(eds/eds)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *