Jakarta

Bea Cukai layani ekspor puluhan ribu pakaian dalam wanita asal Kabupaten Bantul ke Amerika dan Inggris pada Kamis (21/03). Produk ini adalah hasil produksi PT Busana Remaja Agracipta (BRA), salah satu penerima fasilitas kawasan berikat di bawah pengawasan Bea Cukai Yogyakarta.

Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Tedy Himawan merincikan total produk ada 56.178 pcs pakaian dalam wanita yang dimuat dalam 2 kontainer. Memiliki nilai ekspor tinggi dan perlu diperhatikan yakni mencapai US$ 361.387,09 atau sekitar Rp 5 miliar.

Ia melanjutkan, kawasan berikat merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Bea Cukai kepada perusahaan yang melakukan importasi barang untuk tujuan ekspor. Beberapa hal yang diterima perusahaan antara lain penangguhan bea masuk, tidak dipungut PPN, PPnBM dan PPh pasal 22 impor.

“Dengan fasilitas tersebut, perusahaan dapat menghemat ongkos produksi sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasar internasional,” ucap Tedy dalam keterangan tertulis, Kamis (28/3/2024).

Meskipun mendapatkan fasilitas, proses ekspor tetap diawasi oleh petugas Bea Cukai, mulai dari pemasukan dan pengeluaran barang dari dan ke kawasan berikat, hingga proses ekspornya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

(anl/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *