Jakarta

PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan BBM dan LPG momen Ramadan dan Idul Fitri aman. Pertamina telah melakukan berbagai persiapan dari hulu hingga hilir.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, dari sisi hulu pihaknya telah menyiapkan stok minyak mentah hingga 25,5 hari. Selain itu, pihaknya juga akan mendorong produksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Untuk pasokan sangat aman, dari segi kilang tadi sudah disampaikan untuk saat ini stoknya bisa mencapai 25,5 hari artinya stoknya hampir 1 bulan. Jadi kita pastikan dari segi minyak mentah aman,” terang fadjar di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sektor hulu produksi terus kita dorong sehingga tidak ada kekhawatiran terkait produksi,” tambahnya.

Dari sisi hilir, Pertamina melakukan berbagai persiapan dari sisi distribusi. Beberapa di antaranya ialah dengan penambahan SPBU hingga penambahan kapal untuk mengangkut BBM dan LPG.

“Di sektor hilir, distribusi penambahan SPBU, penambahan SPBU modular, kapal juga kita siagakan sebanyak hampir 400 kapal kita operasikan untuk menjamin kelancaran distribusi. Sehingga kita sampaikan juga kepada masyarakat yang ingin mudik Lebaran tidak perlu khawatir karena pasokan BBM LPG kita jamin aman,” jelas Fadjar.

Dia mengatakan, pasokan Pertalite dan Pertamax aman. Dia bilang, permintaan akan solar mengalami anomali karena industri dan truk-truk besar akan berhenti operasi.

“Pertalite stoknya sangat aman, Pertamax juga sangat aman termasuk Turbo. Yang mungkin menjadi anomali setiap Ramadan Idul Fitri adalah stok solar. Stok solar aman tapi scara konsumsi berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya solar ini demandnya menurun,” ujarnya.

(acd/hns)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *